Air Terjun Di Kabupaten Dairi yang beribukotakan Sidikalang ini bernama Lae Pendaroh, berasal dari bukit sitinjo dimana juga terdapat sebuah tempat wisata relegius yakni Taman Wiata Iman. Letaknya yang tepat berada tepat di tepi jalan raya lintas Sumatera Utara – Aceh menjadikan air terjun ini kerap juga disinggahi oleh para pemudik dan sekedar berkunjung saja.

Air Terjun lae Pendaroh keunikannya  terletak pada warna air nya yang berwarna merah darah di waktu-waktu tertentu.  Kata “pendaroh” berasal dari kata daroh yang artinya darah. Lae pendaroh memiliki ketinggian  sekitar 3 meter, dan aliran air nya langsung menuju kawasan lau  renun. Derasnya debit air pendaroh adalah alasan setiap pengunjung harus berhati-hati karena air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Tingkatan pertama adalah ditepi jalan selebihnya berada disepanjang aliran air terjun menuju sungai lau renun.

Rute menuju lokasi tersebut dari kota medan sama seperti menuju Taman Wisata Iman, Lae Pendaroh akan lebih dulu sampai, sebelum TWI. Tidak di pungut biaya bila berkunjung ke air terjun lae pendaroh tersebut. Waktu berkunjung pun bebas. Kendaraan umum yang menuju Air Terjun Lae Pendaroh adalah mobil sewa Pas, Datra, Sampri Dengan Ongkos Rp,45.000. dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa untuk mengatur waktu dan tujuan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here